Jumat, 15 Mei 2009

Sabar Menghadapi Cobaan

Bagi setiap mukmin adanya cobaan itu adalah sebuah jawaban hidup tentang kepastian. Dimana tidak ada seorangpun yang lepas dari ujian entah itu berupa musibah besar atau kecil, intinya setiap orang kena musibah pasti berbeda-beda. Allah SWT berfirman yang artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya hanya kepada kamilah kamu dikembalikan." (Qs al-Anbiya 35).

Sedangkan untuk hikmah cobaan adalah ujian, untuk mengukur dan mengetahui siapakah yang terbaik dalam mengahadpi ujian tersebut; siapa yang layak masuk surga dan siapa yang harus masuk neraka. Allah SWT berfirman yang artinya:
"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu, siapa di anatar kamu yang lebih baik amalnya. Dan dia Maha Perkasa lagi Maha pengampun."( Qs al-Mulk 2)

Kiat Menghadapi Cobaan

1. Sabar

Allah SWT berfirman yang artinya: "Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wainnaa ilaihi raaji'un (Qs. Al-Baqarah 155-156).

Mengapa setiap orang harus sabar karena setiap musibah yang datang kepada kita merupakan ketentuan dari Allah dan wajib menerimanya karena itu termasuk kesempurnaan Ridha Allah sebagai Rabb. Adapun keutamaan sabar dalam menghadapai segala cobaan yang diberikan Allah SWT kepada kita yaitu:

-Mendapatkan hidayah
-Mendapat derajat ihsan
-Pahalanya tidak terhitung
-Dijamin surga
-Mendapat kebaikan dan ketenangan
-Mendapatkan ampunan bagi dosa-dosanya
-Mendapatkan derajat syahid
-Mendapatkan balasan yang diimpikan oleh orang orang yang sehat

2. Mengupayakan Selamat

Sabar bukan berarti berpangku tangan dan tinggal, tetapi berupaya untuk menjaga keselamatan diri seperti yang diperintahkan Allah, sebagaimana Allah Swt berfiman dalam Surat (Qs Ar-Ra'd 11): "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

3. Bertaubat Dan Beristigfhar

Setiap cobaan pasti datang akibat dari dosa yang dilakukan kita, maka dari itu segeralah memohon ampunan atau bertaubat dengan mengucap istighfar dan berbenah diri atas keburukan yang dilakukan selama hidup. Allah SWT berfirman "(siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu merubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Maha mendengar dan Maha Mengetahui. " (Qs. Al-Anfal 35)

4. Menyerahkan Nasib kepada Allah

Dari Anas ra, dia berkata : Rasulullah saw bersabda yang artinya: "Janganlah sekali-kali salah seorang kamu mengharapkan kematian karena satu musibah yang menimpanya. Jika dia harus melakukan maka ucapkanlah: "Ya Allah hidupkanlah aku selama hidup itu lebih baik bagiku dan wafatkanlah aku jika wafat itu lebih baik untukku." (HR. Al-Bukhari-Muslim).

Petikan di atas semoga bermanfaat karena setiap orang harus menanamkan sifat sabar sejak dini dan tetap mengikuti kaidah-kaidah dalam agam islam tentunya pikiran positif juga harus bisa ditanam dalam kehidupan ini. Ilmu dan amalan sebagai nilai yang bermanfaat ketika kita ingin mendapatkanya bentuk kesabaranlah sebagai peluang kesuksesan memimpin kehidupan yang aman dan tentram.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Klik aja..

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda